It is currently Fri Aug 28, 2015 1:47 pm

SarapanPagi Biblika

Bible Study / Christian Library

Siapakah Yesus sebenarnya?

User avatar
 
Posts: 1264
Joined: Fri Mar 28, 2008 12:53 pm

Siapakah Yesus sebenarnya?

Post by MEN_SUPERNOVA » Thu Feb 19, 2009 12:19 pm

Siapakah Yesus sebenarnya?


Sebelum dunia(Alam semesta) diciptakan, yang ada hanyalah Allah (karena Allah adalah kekal).
Dan Allah telah menciptakan malaikat sebelum dunia diciptakan.
Dan iblis adalah malaikat yang telah jatuh dalam dosa (memberontak kpd Allah).

Apakah Yesus adalah Iblis? jawabannya jelas bukan.
Karena di dalam Injil jelas Yesus mengatakan bahwa Ia menggunakan Kuasa Allah Untuk mengusir setan bukan kuasa iblis.


Lukas 11 : 17-20
17 Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka lalu berkata: "Setiap kerajaan yang terpecah-pecah pasti binasa, dan setiap rumah tangga yang terpecah-pecah, pasti runtuh.
18 Jikalau Iblis itu juga terbagi-bagi dan melawan dirinya sendiri, bagaimanakah kerajaannya dapat bertahan? Sebab kamu berkata, bahwa Aku mengusir setan dengan kuasa Beelzebul.
19 Jadi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Beelzebul, dengan kuasa apakah pengikut-pengikutmu mengusirnya? Sebab itu merekalah yang akan menjadi hakimmu.
20 Tetapi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu.


Apakah Yesus adalah malaikat ? jawabannya tetap bukan
karena di dalam Injil jelas dikatakan bahwa Yesus beberapa kali dilayani oleh malaikat-malaikat. Jika Yesus adalah malaikat , maka malaikat tidak akan melayani malaikat. Sebaliknya tugas malaikat adalah melayani Allah.


Matius 4:11 Lalu Iblis meninggalkan Dia, dan lihatlah, malaikat-malaikat datang melayani Yesus.

Matius 13:41 Anak Manusia akan menyuruh malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan mengumpulkan segala sesuatu yang menyesatkan dan semua orang yang melakukan kejahatan dari dalam Kerajaan-Nya.

Matius 16:27 Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya

Matius 25:31 "Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaan-Nya dan semua malaikat bersama-sama dengan Dia, maka Ia akan bersemayam di atas takhta kemuliaan-Nya

Matius 26:53 Atau kausangka, bahwa Aku tidak dapat berseru kepada Bapa-Ku, supaya Ia segera mengirim lebih dari dua belas pasukan malaikat membantu Aku?

Markus 1:13 Di padang gurun itu Ia tinggal empat puluh hari lamanya, dicobai oleh Iblis. Ia berada di sana di antara binatang-binatang liar dan malaikat-malaikat melayani Dia.

Markus 8:38 Sebab barangsiapa malu karena Aku dan karena perkataan-Ku di tengah-tengah angkatan yang tidak setia dan berdosa ini, Anak Manusiapun akan malu karena orang itu apabila Ia datang kelak dalam kemuliaan Bapa-Nya, diiringi malaikat-malaikat kudus."

Yohanes 1:51 Lalu kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia."


Dan masih banyak lagi ayat2 spt ini

Apakah Yesus adalah Allah dengan level yang lebih rendah (seperti yang diyakini oleh saksi Yehovah)? Jawabannya tetap tidak.

Karena di dalam AlKitab tidak pernah Allah berfirman bahwa ada Allah yang dengan level lebih rendah.
Sebaliknya Alkitab menyatakan hanya ada satu Allah.


Ulangan 32:39 Lihatlah sekarang, bahwa Aku, Akulah Dia. Tidak ada Allah kecuali Aku. Akulah yang mematikan dan yang menghidupkan, Aku telah meremukkan, tetapi Akulah yang menyembuhkan, dan seorangpun tidak ada yang dapat melepaskan dari tangan-Ku.

2 Samuel 7:22 Sebab itu Engkau besar, ya Tuhan ALLAH, sebab tidak ada yang sama seperti Engkau dan tidak ada Allah selain Engkau menurut segala yang kami tangkap dengan telinga kami.

1 Raja-raja 8:23 lalu berkata: "Ya TUHAN, Allah Israel! Tidak ada Allah seperti Engkau di langit di atas dan di bumi di bawah; Engkau yang memelihara perjanjian dan kasih setia kepada hamba-hamba-Mu yang dengan segenap hatinya hidup di hadapan-Mu

1 Tawarikh 17:20 Ya TUHAN, tidak ada yang sama seperti Engkau dan tidak ada Allah selain Engkau menurut segala yang kami tangkap dengan telinga kami.

2 Tawarikh 6:14 sambil berkata: "Ya TUHAN, Allah Israel! Tidak ada Allah seperti Engkau di langit dan di bumi; Engkau yang memelihara perjanjian dan kasih setia kepada hamba-hamba-Mu yang dengan segenap hatinya hidup di hadapan-Mu;

Yesaya 43:10 "Kamu inilah saksi-saksi-Ku," demikianlah firman TUHAN, "dan hamba-Ku yang telah Kupilih, supaya kamu tahu dan percaya kepada-Ku dan mengerti, bahwa Aku tetap Dia. Sebelum Aku tidak ada Allah dibentuk, dan sesudah Aku tidak akan ada lagi.

Yesaya 44:6 Beginilah firman TUHAN, Raja dan Penebus Israel, TUHAN semesta alam: "Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak ada Allah selain dari pada-Ku.

Yesaya 45:5 Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain; kecuali Aku tidak ada Allah. Aku telah mempersenjatai engkau, sekalipun engkau tidak mengenal Aku

Yesaya 45:14 Beginilah firman TUHAN: "Hasil tanah dari Mesir dan segala laba dari Etiopia dan orang-orang Syeba, orang-orang yang tinggi perawakannya, akan pindah kepadamu dan menjadi kepunyaanmu, mereka akan berjalan dibelakangmu dengan dirantai; mereka akan sujud kepadamu dan akan membujuk engkau, katanya: Hanya di tengah-tengahmu ada Allah, dan tidak ada yang lain; di samping Dia tidak ada Allah!

Yesaya 45:21 Beritahukanlah dan kemukakanlah alasanmu, ya, biarlah mereka berunding bersama-sama: Siapakah yang mengabarkan hal ini dari zaman purbakala, dan memberitahukannya dari sejak dahulu? Bukankah Aku, TUHAN? Tidak ada yang lain, tidak ada Allah selain dari pada-Ku! Allah yang adil dan Juruselamat, tidak ada yang lain kecuali Aku

1 Korintus 8:4 Tentang hal makan daging persembahan berhala kita tahu: "tidak ada berhala di dunia dan tidak ada Allah lain dari pada Allah yang esa."

Wahyu 1:8 "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."
Wahyu 21:6 Firman-Nya lagi kepadaku: "Semuanya telah terjadi. Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Awal dan Yang Akhir. Orang yang haus akan Kuberi minum dengan cuma-cuma dari mata air kehidupan.
Wahyu 22:13 Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir."

Wahyu 1:17-18
17 Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir,
18 dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.



Dari ayat-ayat diatas jelas sekali bahwa Yang Awal dan Yang Akhir adalah Yesus.

Perhatikan Wahyu 1: 18, diayat tersebut dikatakan bahwa Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya….


Yesus telah mati disalibkan namun Ia telah bangkit dari kematian.

Dan ayat-ayat dari Wahyu ini sinkron dengan ayat-ayat dari Yesaya.
(Yesaya 44:6 ).
Beginilah firman TUHAN, Raja dan Penebus Israel, TUHAN semesta alam: "Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak ada Allah selain dari pada-Ku.


Jadi kesimpulannya, jika Yesus bukan Iblis, dan bukan malaikat, dan juga bukan Allah dengan level yang lebih rendah. Pertanyaannya Siapakah Yesus sebenarnya?

Jawabannya hanya ada satu yaitu Yesus adalah Allah Yang Esa (pribadi kedua dari Allah Tritunggal). Yesus adalah Alfa dan Omega (Yang Awal dan Yang Akhir). Yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa.

GBU
MEN_SUPERNOVA

User avatar
 
Posts: 1264
Joined: Fri Mar 28, 2008 12:53 pm

Re: Siapakah Yesus sebenarnya?

Post by MEN_SUPERNOVA » Mon Aug 09, 2010 3:58 pm

Apakah Yesus seorang manusia??

Jawaban: Ya, Yesus adalah manusia 100%. Dan tema dari Injil Lukas menunjukkan Yesus yang manusiawi

Apakah Yesus adalah seorang Raja??

Jawabannya: Ya, Yesus adalah seorang Raja. Bahkan Ia adalah Raja diatas segala raja. Dan tema dari Injil Matius adalah Yesus sbg Raja

Apakah Yesus adalah seorang Hamba??

Jawabannya: Ya, Yesus adalah seorang Hamba. Dan tema dari Injil Markus adalah Yesus sebagai Hamba.

Apakah Yesus adalah seorang Utusan??

Jawabannya: Ya, Yesus adalah seorang Utusan dr Bapa-Nya.

Apakah Yesus adalah seorang Nabi??

Jawabannya: Ya, Yesus adalah seorang Nabi. Bahkan semua nabi dan Rasul bernubuat/ bersaksi tentang Dia(Yesus).


Yoh 4:44 sebab Yesus sendiri telah bersaksi, bahwa seorang nabi tidak dihormati di negerinya sendiri.

Yoh 5:39 Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh-Nya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku,


Apakah Yesus adalah seorang Imam??

Jawabannya: Ya, Yesus adalah seorang Imam. Ini bisa dilihat di

Ibr 9:11 Tetapi Kristus telah datang sebagai Imam Besar untuk hal-hal yang baik yang akan datang: Ia telah melintasi kemah yang lebih besar dan yang lebih sempurna, yang bukan dibuat oleh tangan manusia, —artinya yang tidak termasuk ciptaan ini, —

Ibr 9:25 Dan Ia bukan masuk untuk berulang-ulang mempersembahkan diri-Nya sendiri, sebagaimana Imam Besar setiap tahun masuk ke dalam tempat kudus dengan darah yang bukan darahnya sendiri.

Ibr 10:21 dan kita mempunyai seorang Imam Besar sebagai kepala Rumah Allah.



Apakah dengan pertanyaan2 dan jawaban2 diatas, hal ini membuktikan bahwa Yesus bukanlah Allah??

Jawabannya : Tidak, Yesus lebih daripada seorang manusia, Nabi, utusan, imam ,dll. Ia adalah Allah yang inkarnasi menjadi manusia sehingga Yesus memiliki 2 natur yaitu Allah 100% dan manusia 100%.

Karena jika kita hanya melihat Yesus sebagai hamba, atau sbg utusan, atau sbg raja, atau sbg manusia , Nabi, , dan Imam serta mengabaikan Yesus sbg Allah, maka kita hanya melihat sebagian saja dari Kebenaran tsb. Karena Alkitab khususnya Injil Yohanes menyatakan bahwa Yesus adalah Allah. Dan Alkitab bersaksi tentang-Nya.


Yoh 1:1-14
1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
2 Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.
3 Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.
4 Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.
5 Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.
6 Datanglah seorang yang diutus Allah, namanya Yohanes;
7 ia datang sebagai saksi untuk memberi kesaksian tentang terang itu, supaya oleh dia semua orang menjadi percaya.
8 Ia bukan terang itu, tetapi ia harus memberi kesaksian tentang terang itu.
9 Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia.
10 Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya.
11 Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya.
12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;
13 orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah.
14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.



Dari ayat-ayat diatas, kita mengetahui bahwa Firman yang dimaksud adalah Yesus Kristus (ayat 14). Dan dari ayat 1 kita dapat melihat bahwa Firman itu adalah Allah. Dan ayat 2 menunjukkan bahwa Yesus kekal adanya atau sudah ada bersama2 dengan Allah dalam kekekalan. Dan ayat 3 menunjukkan bahwa Yesus adalah Pencipta, “Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.” Dan Ayat 4 menunjukkan bahwa Yesus pemberi Hidup.

Dari ayat2 diatas sudah membuktikan bahwa Yesus adalah Allah yaitu pribadi kedua dari Allah TriTunggal.

Jadi dari ke-empat Injil kita dapat mengetahui bahwa Yesus selain memiliki nature manusia, ia juga memiliki nature Allah




GBU
MEN_SUPERNOVA

User avatar
 
Posts: 1264
Joined: Fri Mar 28, 2008 12:53 pm

Re: Siapakah Yesus sebenarnya?

Post by MEN_SUPERNOVA » Mon Aug 09, 2010 4:16 pm

Jika non-kristen atau ajaran-ajaran bidat yang terlalu menekan-kan pada kemanusiaan Yesus dan menolak ke-Illahian Yesus tsb , dan yakin bahwa Yesus bukanlah Allah , maka pertanyaan saya sbb:

    1.Jika Yesus hanyalah seorang Nabi, guru Agung, dan manusia biasa, bagaimana mungkin Yesus sudah ada sejak kekal?? Karena hanya Allah yang kekal. Perhatikan ayat2 dibawah ini

    Yoh 1:1-14
    1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
    2 Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah
    .


    Yoh 8:58 Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada."

    Yoh 17:5 Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada.




    2.Jika Yesus hanyalah seorang Nabi, guru Agung, dan manusia biasa, bagaimana mungkin Yesus adalah Pencipta?? Karena hanya Allah “Sang Pencipta”. Perhatikan ayat2 dibawah ini

    Yoh 1:3
    Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.

    Yoh 1:10
    Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya.


    1Kor 8:6
    namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup.



    3.Jika Yesus hanyalah seorang Nabi, guru Agung, dan manusia biasa, bagaimana mungkin Yesus adalah Pemberi hidup?? Karena hanya Allah satu2nya pemberi hidup. Perhatikan ayat2 dibawah ini

    Yoh 1:4
    Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia

    Yoh 3:15
    supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal.

    Yoh 3:16
    Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

    Yoh 3:36 Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya."


    Yoh 4:10
    Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau engkau tahu tentang karunia Allah dan siapakah Dia yang berkata kepadamu: Berilah Aku minum! niscaya engkau telah meminta kepada-Nya dan Ia telah memberikan kepadamu air hidup."

    Yoh 4:14
    tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal."

    Yoh 5:24
    Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup.


    Yoh 5:40 namun kamu tidak mau datang kepada-Ku untuk memperoleh hidup itu.

    Yoh 6:51 Akulah roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia."

    Yoh 6:58 Inilah roti yang telah turun dari sorga, bukan roti seperti yang dimakan nenek moyangmu dan mereka telah mati. Barangsiapa makan roti ini, ia akan hidup selama-lamanya."

    Yoh 10:28 dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku.

    Yoh 11:25 Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati


    Yoh 14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.



    4.Jika Yesus hanyalah seorang Nabi, guru Agung, dan manusia biasa, bagaimana mungkin Yesus adalah yang akan menghakimi seluruh umat manusia?? Karena hanya Allah satu2nya yang berhak menghakimi seluruh umat manusia. Perhatikan ayat2 dibawah ini

    Yoh 5:22
    Bapa tidak menghakimi siapapun, melainkan telah menyerahkan penghakiman itu seluruhnya kepada Anak,

    Yoh 5:27
    Dan Ia telah memberikan kuasa kepada-Nya untuk menghakimi, karena Ia adalah Anak Manusia.

    Yoh 8:16
    dan jikalau Aku menghakimi, maka penghakiman-Ku itu benar, sebab Aku tidak seorang diri, tetapi Aku bersama dengan Dia yang mengutus Aku.

    Kis 17:31 Karena Ia telah menetapkan suatu hari, pada waktu mana Ia dengan adil akan menghakimi dunia oleh seorang yang telah ditentukan-Nya, sesudah Ia memberikan kepada semua orang suatu bukti tentang hal itu dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati."


    2Tim 4:1
    Di hadapan Allah dan Kristus Yesus yang akan menghakimi orang yang hidup dan yang mati, aku berpesan dengan sungguh-sungguh kepadamu demi penyataan-Nya dan demi Kerajaan-Nya:

    Ibr 10:30
    Sebab kita mengenal Dia yang berkata: "Pembalasan adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan." Dan lagi: "Tuhan akan menghakimi umat-Nya."

    Ibr 12:23
    dan kepada jemaat anak-anak sulung, yang namanya terdaftar di sorga, dan kepada Allah, yang menghakimi semua orang, dan kepada roh-roh orang-orang benar yang telah menjadi sempurna


    Yak 4:12
    Hanya ada satu Pembuat hukum dan Hakim, yaitu Dia yang berkuasa menyelamatkan dan membinasakan. Tetapi siapakah engkau, sehingga engkau mau menghakimi sesamamu manusia?

    1Ptr 4:5
    Tetapi mereka harus memberi pertanggungan jawab kepada Dia, yang telah siap sedia menghakimi orang yang hidup dan yang mati.

    Why 6:10
    Dan mereka berseru dengan suara nyaring, katanya: "Berapa lamakah lagi, ya Penguasa yang kudus dan benar, Engkau tidak menghakimi dan tidak membalaskan darah kami kepada mereka yang diam di bumi?"


    Why 18:8
    Sebab itu segala malapetakanya akan datang dalam satu hari, yaitu sampar dan perkabungan dan kelaparan; dan ia akan dibakar dengan api, karena Tuhan Allah, yang menghakimi dia, adalah kuat."

    Why 19:2
    sebab benar dan adil segala penghakiman-Nya, karena Ialah yang telah menghakimi pelacur besar itu, yang merusakkan bumi dengan percabulannya; dan Ialah yang telah membalaskan darah hamba-hamba-Nya atas pelacur itu."

    Why 19:11
    Lalu aku melihat sorga terbuka: sesungguhnya, ada seekor kuda putih; dan Ia yang menungganginya bernama: "Yang Setia dan Yang Benar," Ia menghakimi dan berperang dengan adil.



    5.Jika Yesus hanyalah seorang Nabi, guru Agung, dan manusia biasa, bagaimana mungkin Yesus dapat mengampuni dosa dan menebus dosa?? Karena hanya Allah satu2nya yang berhak mengampuni dan menebus dosa umat manusia.. Perhatikan ayat2 dibawah ini

    Mat 1:21
    Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka."

    Mat 9:6
    Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa" —lalu berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu—:"Bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!"

    Mat 26:28
    Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa.


    Mrk 2:7
    "Mengapa orang ini berkata begitu? Ia menghujat Allah. Siapa yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah sendiri?"

    Luk 1:77
    untuk memberikan kepada umat-Nya pengertian akan keselamatan yang berdasarkan pengampunan dosa-dosa mereka,

    Luk 7:49
    Dan mereka, yang duduk makan bersama Dia, berpikir dalam hati mereka: "Siapakah Ia ini, sehingga Ia dapat mengampuni dosa?"


    Luk 24:47
    dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem.

    Yoh 1:29
    Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.

    Kis 5:31
    Dialah yang telah ditinggikan oleh Allah sendiri dengan tangan kanan-Nya menjadi Pemimpin dan Juruselamat, supaya Israel dapat bertobat dan menerima pengampunan dosa.

    Kis 10:43
    Tentang Dialah semua nabi bersaksi, bahwa barangsiapa percaya kepada-Nya, ia akan mendapat pengampunan dosa oleh karena nama-Nya."


    Kis 13:38
    Jadi ketahuilah, hai saudara-saudara, oleh karena Dialah maka diberitakan kepada kamu pengampunan dosa.

    Kis 13:39
    Dan di dalam Dialah setiap orang yang percaya memperoleh pembebasan dari segala dosa, yang tidak dapat kamu peroleh dari hukum Musa.





    6.Jika Yesus hanyalah seorang Nabi, guru Agung, dan manusia biasa, bagaimana mungkin Yesus dapat menjadi Juruselamat manusia?? Karena Firman-Nya menyatakan bahwa hanya Allah satu2nya yang berhak menjadi Juruselamat manusia.. Perhatikan ayat2 dibawah ini

    Baca di : siapakah-juruselamat-manusia-vt3272.html


    7.Jika Yesus hanyalah seorang Nabi, guru Agung, dan manusia biasa, bagaimana mungkin Yesus dapat turun dari sorga ?? Karena manusia berasal dari dunia bukan dari sorga sehingga manusia hanya mungkin dari dunia naik ke sorga (1 arah ), sebaliknya Yesus turun dari sorga . Perhatikan ayat2 dibawah ini


    Yoh 3:13 Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia.

    Dari ayat diatas, kita dapat mengetahui bahwa tidak satu pun manusia datang dari sorga. Karena manusia berasal dari dunia dan hanya satu kemungkinannya dan 1 arah yaitu dari bumi naik ke sorga.
    Jika Yesus mengklaim Diri-Nya turun dari sorga , dan jika Yesus hanyalah seorang Nabi, guru Agung, dan manusia biasa maka pertanyaannya adalah kapankah Yesus naik ke sorga sebelum Yesus turun dari sorga??

Jadi klaim Yesus disini membuktikan bahwa Ia adalah Allah yang telah turun dari sorga dan menjadi manusia (inkarnasi). Itu sebabnya hanya Yesus yang memiliki 2 arah yaitu dari sorga turun ke dunia kemudian setelah kebangkitan-Nya ia kembali ke sorga (dari bumi ke sorga).


Note: Yesus memiliki 2 natur yaitu nature Allah dan nature manusia, kedua nature ini ibarat sebuah coin yang memiliki 2 sisi namun tidak terpisahkan. Sehingga kita tidak dapat mengabaikan salah satu nature-Nya.



GBU
MEN_SUPERNOVA

User avatar
 
Posts: 1264
Joined: Fri Mar 28, 2008 12:53 pm

Re: Siapakah Yesus sebenarnya?

Post by MEN_SUPERNOVA » Wed Sep 01, 2010 2:55 pm

YESUS DISEMBAH?? (Bgn 1)


Mat 4:10
Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!


Ayat diatas seringkali disalah tafsirkan atau disalah artikan sebagai bukti bahwa Yesus bukanlah Allah karena Yesus sendiri berkata kepada Iblis bahwa “menyembah ” hanya kepada Tuhan Allah saja. Dan pernyataan Yesus ini disalahartikan bahwa jangan menyembah Yesus tetapi Allah saja. Namun benarkah penafsiran tsb??

Mat 4:9
dan berkata kepada-Nya: "Semua itu akan kuberikan kepada-Mu, jika Engkau sujud menyembah aku."


Jika kita lihat konteks ayat tsb pada ayat 9, iblis mencobai Yesus dengan meminta Yesus sujud menyembah dia (iblis). Iblis mengetahui bahwa Yesus adalah Anak Allah, dan iblis berusaha untuk memutarbalikkan posisinya dengan cara meminta Yesus untuk menyembah dia(iblis).
Pertanyaannya adalah mengapa iblis meminta Yesus untuk menyembahnya??

Jawab : karena iblis tahu jika Yesus(Anak Allah) menyembah dia ,maka posisinya akan bergeser yaitu menjadi Allahnya “Anak Allah”. Atau dengan kata lain iblis bergeser posisinya menjadi Allah dan Yesus(Anak Allah) bergeser posisi (jatuh), dan hal ini berarti Yesus bukan Allah seperti halnya manusia telah jatuh ke dalam dosa sehingga posisinya sudah bergeser.

Namun Yesus justru memahami hal ini, itu sebabnya Yesus menyatakan spt di ayat 10. dan ayat 10 ini dapat diartikan (secara bebas), "bukan Aku(Yesus) yang harus menyembah kamu(iblis) tetapi justru sebaliknya", walaupun Yesus di ayat 10 tidak menyatakan secara eksplisit utk menyembahNya. Namun jika kita memahami bahwa Yesus adalah pribadi kedua dari Allah TriTunggal maka pada saat Yesus menyatakan “sembahlah Allah” saja, hal ini secara implicit berarti menyembah kepada Yesus (Anak Allah).


Mungkin orang2 yang menolak akan ke-Illahi-an Yesus, tidak setuju dengan tafsiran diatas. Dan mereka ber-argumentasi bahwa Yesus hanyalah seorang Nabi / Guru Agung / atau manusia biasa spt saya dan anda. Dan pernyataan Yesus diayat 10 hanya menyuruh iblis utk menyembah Allah saja dan bukan diri-Nya(Yesus) karena Yesus bukan Allah.

Jika tafsiran bahwa Yesus bukanlah Allah adalah benar dan ayat 10 diatas ditafsirkan untuk menentang ke-Illahi-an Yesus maka pernyataan Yesus diayat 10 tersebut harus konsisten dgn semua yg Yesus lakukan. Dan Yesus harus konsisten dgn pernyataan-Nya tsb.

Namun benarkah penafsiran tsb??
Untuk membuktikannya ,mari kita lihat ayat2 berikut:

-orang- orang yang menyembah Yesus termasuk para Rasul.

Mat 8:2
Maka datanglah seorang yang sakit kustakepada-Nya, lalu sujud menyembah Dia dan berkata: "Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku."

Mat 9:18
Sementara Yesus berbicara demikian kepada mereka, datanglah seorang kepala rumah ibadat, lalu menyembah Dia dan berkata: "Anakku perempuan baru saja meninggal, tetapi datanglah dan letakkanlah tangan-Mu atasnya, maka ia akan hidup."

Mat 14:33
Dan orang-orang yang ada di perahu menyembah Dia, katanya: "Sesungguhnya Engkau Anak Allah."

Mat 15:25
Tetapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia sambil berkata: "Tuhan, tolonglah aku."

Mat 17:14
Ketika Yesus dan murid-murid-Nya kembali kepada orang banyak itu, datanglah seorang mendapatkan Yesus dan menyembah,

Mat 20:20
Maka datanglah ibu anak-anak Zebedeus serta anak-anaknya itu kepada Yesus, lalu sujud di hadapan-Nya untuk meminta sesuatu kepada-Nya.

Mat 28:9
Tiba-tiba Yesus berjumpa dengan mereka dan berkata: "Salam bagimu." Mereka mendekati-Nya dan memeluk kaki-Nya serta menyembah-Nya.

Mat 28:17
Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu.

Yoh 9:38
Katanya: "Aku percaya, Tuhan!" Lalu ia sujud menyembah-Nya.

Luk 24:51-52
51 Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga.
52 Mereka sujud menyembah kepada-Nya, lalu mereka pulang ke Yerusalem dengan sangat bersukacita.


Dari ayat2 diatas kita dapat melihat bahwa Yesus menerima penyembahan dari orang2 tsb termasuk para Rasul dan sama sekali tidak menolak penyembahan tsb.
Maka pertanyaannya adalah jika Yesus bukanlah Allah, mengapa Ia tidak menolak penyembahan mereka??
Dan jika kita kaitkan ayat2 diatas dengan Mat 4:10 dan menafsirkan Yesus bukanlah Allah, maka akan timbul kontradiksi atau pertentangan antara pernyataan Yesus di Mat 4:10 dengan ayat2 yg menunjukkan bahwa Yesus tidak menolak waktu disembah.

Namun sebaliknya jika Yesus adalah Allah maka keseluruhan ayat2 tsb sinkron. Karena Yesus menyatakan bahwa hanya Allah saja yang layak disembah dan Ia menerima penyembahan dari orang2, hal ini membuktikan bahwa Yesus adalah Allah yang layak disembah.



GBU
MEN_SUPERNOVA

User avatar
 
Posts: 1264
Joined: Fri Mar 28, 2008 12:53 pm

Re: Siapakah Yesus sebenarnya?

Post by MEN_SUPERNOVA » Wed Sep 01, 2010 3:03 pm

YESUS DISEMBAH?? (Bgn 2)


Sekarang kita akan lihat ayat2, dimana para Rasul bahkan malaikat pun menolak untuk disembah.


Kis 10:25-26
25 Ketika Petrus masuk, datanglah Kornelius menyambutnya, dan sambil tersungkur di depan kakinya, ia menyembah Petrus.
26 Tetapi Petrus menegakkan dia, katanya: "Bangunlah, aku hanya manusia saja."

Kis 14:13-18
13 Maka datanglah imam dewa Zeus, yang kuilnya terletak di luar kota, membawa lembu-lembu jantan dan karangan-karangan bunga ke pintu gerbang kota untuk mempersembahkan korban bersama-sama dengan orang banyak kepada rasul-rasul itu.
14 Mendengar itu Barnabas dan Paulus mengoyakkan pakaian mereka, lalu terjun ke tengah-tengah orang banyak itu sambil berseru:
15 "Hai kamu sekalian, mengapa kamu berbuat demikian? Kami ini adalah manusia biasa sama seperti kamu. Kami ada di sini untuk memberitakan Injil kepada kamu, supaya kamu meninggalkan perbuatan sia-sia ini dan berbalik kepada Allah yang hidup, yang telah menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya.
16 Dalam zaman yang lampau Allah membiarkan semua bangsa menuruti jalannya masing-masing,
17 namun Ia bukan tidak menyatakan diri-Nya dengan berbagai-bagai kebajikan, yaitu dengan menurunkan hujan dari langit dan dengan memberikan musim-musim subur bagi kamu. Ia memuaskan hatimu dengan makanan dan kegembiraan."
18 Walaupun rasul-rasul itu berkata demikian, namun hampir-hampir tidak dapat mereka mencegah orang banyak mempersembahkan korban kepada mereka.

Wah 19:10
Maka tersungkurlah aku di depan kakinya untuk menyembah dia, tetapi ia berkata kepadaku: "Janganlah berbuat demikian! Aku adalah hamba, sama dengan engkau dan saudara-saudaramu, yang memiliki kesaksian Yesus. Sembahlah Allah! Karena kesaksian Yesus adalah roh nubuat."

Wah 22:8-9
8 Dan aku, Yohanes, akulah yang telah mendengar dan melihat semuanya itu. Dan setelah aku mendengar dan melihatnya, aku tersungkur di depan kaki malaikat, yang telah menunjukkan semuanya itu kepadaku, untuk menyembahnya.
9 Tetapi ia berkata kepadaku: "Jangan berbuat demikian! Aku adalah hamba, sama seperti engkau dan saudara-saudaramu, para nabi dan semua mereka yang menuruti segala perkataan kitab ini. Sembahlah Allah!"



Dari ayat2 diatas kita dapat melihat bahwa para Rasul yang mewakili manusia biasa , menolak untuk disembah. Bahkan malaikat Allah pun menolak untuk disembah. Namun Yesus tidak menolak waktu disembah.

Ada yang berargumentasi bahwa Yesus menerima penyembahan sbg Raja. Namun jika kita lihat ayat2 diatas secara konteksnya, maka tidak ada ayat yang menunjukkan penyembahan tsb sebagai penyembahan sbg seorang raja. Walaupun Yesus memang Raja diatas segala raja, namun perlu diketahui bahwa pada saat Yesus datang ke dunia (Inkarnasi), Dia datang tidak sebagai raja mana pun dari suatu Negara. Bahkan Yesus menyatakannya kepada Pilatus sbb:

Yoh 18:36 Jawab Yesus: "Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini; jika Kerajaan-Ku dari dunia ini, pasti hamba-hamba-Ku telah melawan, supaya Aku jangan diserahkan kepada orang Yahudi, akan tetapi Kerajaan-Ku bukan dari sini."


Sekarang kita akan lihat seorang raja yang menerima penghormatan illahi.

Kis 12:20-23
20 ¶ Herodes sangat marah terhadap orang Tirus dan Sidon. Atas persetujuan bersama mereka pergi menghadap dia. Mereka berhasil membujuk Blastus, pegawai istana raja, ke pihak mereka, lalu mereka memohonkan perdamaian, karena negeri mereka beroleh bahan makanan dari wilayah raja.
21 Dan pada suatu hari yang ditentukan, Herodes mengenakan pakaian kerajaan, lalu duduk di atas takhta dan berpidato kepada mereka.
22 Dan rakyatnya bersorak membalasnya: "Ini suara allah dan bukan suara manusia!"
23 Dan seketika itu juga ia ditampar malaikat Tuhan karena ia tidak memberi hormat kepada Allah; ia mati dimakan cacing-cacing.



Ayat diatas menunjukkan bahwa Herodes seorang raja yang menerima penghormatan illahi dari rakyatnya, pada akhirnya mati karena dengan menerima penghormatan illahi tsb ia tidak memberi hormat kepada Allah.


Dan penglihatan Rasul Yohanes di Kitab Wahyu menunjukkan bahwa di Surga dan Bumi, semuanya akan memuji dan menyembah Yesus (“Anak Domba”)

Wah 5:6-14
6 ¶ Maka aku melihat di tengah-tengah takhta dan keempat makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua itu berdiri seekor Anak Domba seperti telah disembelih, bertanduk tujuh dan bermata tujuh: itulah ketujuh Roh Allah yang diutus ke seluruh bumi.
7 Lalu datanglah Anak Domba itu dan menerima gulungan kitab itu dari tangan Dia yang duduk di atas takhta itu.
8 Ketika Ia mengambil gulungan kitab itu, tersungkurlah keempat makhluk dan kedua puluh empat tua-tua itu di hadapan Anak Domba itu, masing-masing memegang satu kecapi dan satu cawan emas, penuh dengan kemenyan: itulah doa orang-orang kudus.
9 Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka meterai-meterainya; karena Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu Engkau telah membeli mereka bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa.
10 Dan Engkau telah membuat mereka menjadi suatu kerajaan, dan menjadi imam-imam bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi."
11 Maka aku melihat dan mendengar suara banyak malaikat sekeliling takhta, makhluk-makhluk dan tua-tua itu; jumlah mereka berlaksa-laksa dan beribu-ribu laksa,
12 katanya dengan suara nyaring: "Anak Domba yang disembelih itu layak untuk menerima kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat, dan kemuliaan, dan puji-pujian!"
13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di sorga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: "Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!"
14 Dan keempat makhluk itu berkata: "Amin". Dan tua-tua itu jatuh tersungkur dan menyembah
.



Dan satu lagi bukti bahwa Yesus adalah Allah.
Allah Bapa memerintahkan semua malaikat untuk menyembah Yesus. Jika Yesus bukan Allah, mungkinkah Allah Bapa memerintahkan semua malaikat melakukan hal yang salah?? Jawabannya : tidak mungkin.

Ibr 1:6
Dan ketika Ia membawa pula Anak-Nya yang sulung ke dunia, Ia berkata: "Semua malaikat Allah harus menyembah Dia.".



Jika Yesus bukanlah Allah yaitu pribadi kedua dari Allah TriTunggal, mungkinkah semua malaikat Allah menyembah Yesus??
Jika Yesus bukanlah Allah dan semua malaikat menyembah Yesus maka hal ini berarti semua malaikat Allah telah jatuh ke dalam dosa dan menjadi iblis.


Kesimpulan:
Dari penjelasan diatas menunjukkan bahwa Yesus adalah Allah ,yaitu pribadi kedua dari Allah TriTunggal dan bukan sebaliknya. Jadi Mat 4:10 tidak boleh ditafsirkan untuk menentang ke-illahi-an Yesus, karena jika ditafsirkan demikian maka akan terjadi kontradiksi / pertentangan dalam banyak ayat2 di seluruh kitab suci(Alkitab). Namun jika ditafsirkan sebaliknya ,maka ada sinkronisasi di dalam seluruh ayat2 kitab Suci (Alkitab).
Jika Yesus menyatakan bahwa "Sembahlah kepada Allah" saja, namun Ia sendiri menerima penyembahan, maka hanya ada 2 kemungkinan, yaitu:
1. Yesus adalah manusia biasa dan itu berarti ia adalah nabi palsu.
2. Yesus adalah Allah, yaitu pribadi kedua dari Allah TriTunggal


Jadi siapakah Yesus sebenarnya??
Jawabannya hanya satu yaitu Yesus adalah Allah yaitu pribadi kedua dari Allah TriTunggal.



GBU
MEN_SUPERNOVA

 
Posts: 1
Joined: Tue Nov 19, 2013 5:10 pm

Re: Siapakah Yesus sebenarnya?

Post by Marco » Tue Nov 19, 2013 6:06 pm

Siapakah Tuhan Yesus Kristus?
Tuhan itu adalah jabatan yang berarti penguasa. Allah itu adalah pribadi, yang juga kita bisa sebut Tuhan.
Tuhan yang adalah jabatan itu tak punya anak, tetapi pribadi punya anak. Makanya di Alkitab, tidak ada disebut anak-anak Tuhan, sebab jabatan tidak ber-anak. Yang ada adalah Anak Allah atau anak-anak Allah. Istilah ini yang bikin rancu pemahaman banyak orang ketika berkaitan dengan pertanyaan apakah Yesus Tuhan? Atau apakah Yesus itu Allah?
Yesus Kristus adalah Kata-Kata dari Bapa sendiri. Yesus Kristus bukan Bapa, itu sebabnya Yesus mengatakan Aku datang dari Bapa.
Sederhananya, kita manusia dikenal dari kata-kata kita... kita dikenali dari kata-kata kita. Bayangkan kalau kita manusia tanpa kata-kata, bagaimana orang lain tahu keberadaan kita tanpa kata-kata yang kita ucapkan.
Demikian juga dengan Allah Bapa, yang adalah ROH. Bagaimana kita mengenal Bapa tanpa ada kata-kata yang keluar dari Bapa yang adalah ROH. ROH tidak punya mulut, tidak punya wujud konkrit. Kita mengenal ROH dari kata-kata yang diucapkan ROH itu, dan Yesus itulah kata-kata dari Bapa itu sendiri.
Yesus Kristus keluar dari Allah Bapa, yang keberadaanNya adalah kekal. Itu sebabnya Yesus Kristus mengatakan Bapa menciptakan bumi dengan segala isinya dengan Yesus Kristus, dengan kata-katanya Allah Bapa sendiri.
Yesus Kristus adalah kata-kata Allah, tetapi Dia bukan Allah Bapa.
Yesus Kristus adalah kata-kata Allah yang berwujud manusia. Coba bayangkan kata-kata kita sebagai manusia, menjelma jadi satu pribadi, pribadi tersebut akan menjadi sesuatu yang selalu akan sesuai dengan kemauan kita yang mengucapkannya bukan? Demikianlah karena Allah Bapa maha kuasa, kata-kataNya Bapa menjelma jadi manusia seperti kita orang biasa bersalutkan darah dan daging.
Karena Yesus Kristus itu keluar dari Allah Bapa, makanya Dia disebut Anak Allah. Karena Yesus Kritus bersalutkan darah dan daging, makanya Dia juga disebut Anak Manusia.
Dan kita orang2 yang percaya disebut Anak-Anak Allah. Kalau kita saja disebut anak-anak Allah, kenapa Yesus Kristus yang adalah kata-kata Allah Bapa sendiri tidak bisa disebut Allah? Yesus Kristus itu disebut Anak Allah, tetapi bukan Allah Bapa.
Jadi pertanyaan apakah Yesus Kristus itu Tuhan? Ya, Yesus Kristus, yang adalah kata-kata Allah Bapa, adalah Tuhan alias penguasa, tapi Yesus Kritus bukan Allah Bapa.
Apakah Tuhan Yesus Kritus adalah Allah? Ya, Tuhan Yesus Kritus adalah Allah Anak, tapi Yesus Kritus bukan Allah Bapa.
Allah Bapa hanya bisa manusia mengerti dalam Tuhan Yesus Kristus, itulah sebabnya hanya orang yang percaya kepada Tuhan Yesus Kritus yang akan diselamatkan (dengan kata lain, hanya orang2 yang percaya kepada kata2 Allah Bapa yang akan diselamatkan) seperti yang Tuhan Yesus sebutkan dalam alkitab tentang "Akulah jalan, kebenaran dan hidup".
Dengan penjelasan ini, keberadaan Allah Bapa hanya bisa dikenali dalam bentuk kata-katanya (Yesus Kritus) dan Roh Kudus.
Bayangkan keberadaan Bapa itu tanpa kata-kata dan tanpa adanya unsur ROH, bagaimana manusia bisa mengerti dan mengenal Allah Bapa?
Itulah sebabnya kata-kata Allah dan roh Allah (Roh Kudus), yang kedua keluar dari Allah Bapa diperlukan utk menjelaskan Allah Bapa.
Karena kata-kata Allah dan Roh Kudus, keluar dari pribadi Allah Bapa sendiri, inilah alasan kenapa Allahnya orang kristen itu tidak bisa dibilang tiga tetap Allah kristen itu ESA seperti yang dituliskan di Alkitab.
Kalau argumen ini masih dianggap mengindikasikan Allah orang kristen itu tiga, berarti kita juga harus mengakui, kata-kata kita yang keluar dari mulut kita membuat pribadi kedua dalam keberadaan kita sebagai manusia dan roh yang ada dalam diri kita membuat pribadi ketiga dalam keberadaan kita. Anda tidak mau bukan keberadaan anda dianggap tiga karena punya kata-kata dan punya roh dalam diri anda?
Kita manusia adalah se-gambar dan serupa dengan Allah, itulah sebabnya keberadaan Allah yang orang kristen sembah (yang dianggap tiga oleh sodara kaum Muslim) bisa ter-jelaskan dengan melihat pribadi kita sendiri.
Allah orang kristen adalah satu, bukan tiga.


Return to Kristologi

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 0 guests